Jubir Rakyat Menyapa Samota, Johan Rosihan : UMKM bisa jadi potensi untuk Perkembangan Ekonomi

0
155

HarianNusa, Sumbawa – Anggota DPR RI Johan Rosihan menghadiri Car Free Day Sumbawa pada Minggu (05/03/2023). Hadirnya Johan Rosihan dalam kegiatan tersebut sekaligus menyelenggarakan kegiatan yang ia gagas dengan tema “Jubir Rakyat Menyapa Samota”.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan utama untuk menjembatani Johan berinteraksi langsung dengan masyarakat dan UMKM yang mengisi CFD Samota setiap pekan.

“Tidak hanya untuk olahraga, CFD bisa jadi tempat kita mendukung UMKM lokal Sumbawa. UMKM bisa jadi tulang punggung oleh sebab itu perlu kita dukung. Saya sangat senang dengan inisiator – inisiator muda Sumbawa yang mulai mengadaptasi kebiasaan di kota lain yang tentunya memberikan manfaat,” ujar Politisi PKS ini.

Sebelum mengisi kegiatan inti, Johan dan tim terlebih dahulu menyusuri UMKM yang hadir untuk mencicipi dan membeli aneka produk-produk mereka. “Sejak pagi saya tiba, saya niatkan untuk sarapan di salah satu stand UMKM disini. Saya juga mendatangi langsung stand-stand yang lain untuk melihat produk-produk yang dijual. Banyak sekali yang menarik,” ungkapnya.

Dalam diskusinya, Johan menyampaikan harapannya kepada UMKM agar terus mengeksplorasi skills dan keterampilan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Johan menambahkan, jika dengan ramainya UMKM menandakan bahwa masyakarat semakin berdaya.

“Usaha kita boleh kecil-kecilan, tapi semangat kita harus besar. UMKM ini adalah potensi dan tanda bahwa masyakarat kita sudah banyak yang memiliki skill untuk produksi bahkan sampai memasarkan produk-produknya,”
tandasnya.

Pelaku UMKM yang terlibat dalam diskusi tersebut juga menyampaikan harapan agar diberikan peluang untuk mengembangkan diri dan meningkatkan level usahanya. Kedepannya, UMKM berharap akan semakin besar peran pemerintah yang tersedia untuk bisa mereka gunakan.

Diskusi santai bersama masyarakat yang mengunjungi CFD tersebut berlangsung hangat. Pengunjung yang didominasi oleh keluarga dan ibu-ibu tersebut menyampaikan respon yang positif. Johan juga memberikan doorprize dari pertanyaan ringan yang diberikan oleh penyelenggara. “Melihat respon masyarakat yang menyenangkan, kami ingin setiap pekan rasanya menyapa mereka,” kata Johan Rosihan.

Kegiatan yang juga dibantu oleh Relawam Perempuan Johan Rosihan (RPJR), untuk menyemarakkan kegiatan bersama pengunjung ini dimulai dengan senam bersama, kemudian diskusi santai dan diakhir oleh pemberian doorpirze dan selfie bersama pengunjung. (03)