Johan Rosihan Ajak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Bawa GEMARIKAN ke Ropang

0
323

HarianNusa, Sumbawa – Anggota Komisi IV DPR RI H. Johan Rosihan,ST, Fraksi PKS Dapil NTB I Pulau Sumbawa kembali membagikan 700 lebih paket olahan ikan dan berbagai produk kepada masyarakat di Ropang Kabupaten Sumbawa pada Senin (07/03/2023). GEMARIKAN adalah singkatan dari gerakan memasyarakatkan makan ikan. Program ini merupakan program Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (DPSPKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan RI bekerjasama dengan Anggota Komisi IV DPR RI.

"Gemar ikan digagas untuk menanggapi Covid-19 di seluruh Indonesia dan disepakati dari pemerintah pusat bahwa paket yang dibagikan ke masyarakat dilanjutkan setiap tahun. Momen ini kita manfaatkan sebagai peluang mendistribusikan ini kepada seluruh wilayah di Kabupaten Sumbawa terutama di Ropang yang berada di dataran tinggi dan jauh dari akses laut. Alhamdulillah saya diamanatkan di Komisi IV yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan yang punya program ini," terang Johan Rosihan.

Politisi dari Fraksi PKS tersebut menambahkan, sebagai perwakilan di Parlemen, dirinya terus berjuang memperhatikan kebutuhan masyarakat di dapilnya baik di bidang pertanian, peternakan maupun kebutuhan para nelayan.

"Ini kerjasama yang luar biasa setiap tahun antara kami Anggota Komisi IV DPR RI, untuk dibagikan kepada masyarakat, dan berbagai produk lainnya di dapilnya masing – masing. Selama ini, kegiatan tersebut hanya digelar di pusat-pusat kota. Kita ingin ada sesuatu yang lain, mengajak teman-teman dari kementerian ke Ropang agar selain manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, mereka juga bisa melihat susahnya akses daerah sumbawa baik secara infrastruktur dan lain-lain," ucap Johan.

Produk yang dibagikan berasal dari hasil olahan ikan binaan dari Rumah Aspirasi Johan Rosihan, seperti bakso ikan, pempek, kerupuk dan bahan olahan ikan lainnya ditambahkan dengan kebutuhan pokok lainnya seperti beras yang dikemas sekaligus.

Penerima paket dari program GEMARIKAN tersebut diberikan kepada masyarakat Desa Ropang serta kelompok masyarakat tidak mampu. Distribusi paket tersebut disaksikan langsung oleh perwakilan dari Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

"Harapan kami bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat setempat insyaallah akan kita teruskan berjuang untuk mengawal pembangunan Pulau Sumbawa dari segala lini," tandas Johan Rosihan.

Masyarakat Kecamatan Ropang menyambut baik hal tersebut. Menjadi harapan bersama agar program ini akan lebih sering digelar untuk menjangkau semua titik terutama di Sumbawa bagian Selatan. (03)