Poltekpar Lombok Siapkan Prodi Destinasi Pariwisata

0
160

HarianNusa, Lombok Tengah – Sebagai perguruan tinggi dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok, terus berupaya mengembangkan pariwisata NTB.

Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja mengungkapkan,
dalam mengembangkan pariwisata , Poltekpar Lombok mengacu kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penyelenggaraan pendidikan kepariwisataan dengan empat program studi yakni Perhotelan terdiri dari Divisi Kamar, Tata Hidang dan Seni Kuliner.

"Penyiapan sumberdaya manusia untuk dapat berkiprah di Industri Perhotelan . Selain itu ada juga Program Studi Pengaturan Perjalanan atau yang sudah berubah nomenklaturnya menjadi Usaha Perjalanan Wisata," papar Herry dalam kegiatan Forum Komunikasi Kehumasan Poltekpar Lombok, bertempat di Desa Wisata Bilebante, Lombok Tengah, NTB.

Saat ini, Poltekpar Lombok tengah mempersiapkan Program Studi baru, yakni Destinasi Pariwisata. Program Studi Destinasi Pariwisata berkaitan dengan penyiapan sumberdaya manusia untuk pengembangan destinasi pariwisata , desa wisata , pengembangan homestay dan pengembangan lainnya.

"Poltekpar Lombok juga tengah menyiapkan program studi Special Event atau event khusus yakni penyiapan sumberdaya manusia yang handal dalam menghadapi event – event khusus seperti MXGP, MotoGP, Peresean, Meeting, Konferensi, dan lain sebagainya," terang Herry.

Selain itu, Poltekpar Lombok juga menyiapkan Program Studi S2 Terapan Pariwisata bagi para sarjana S1 yang ingin mendalami lagi ilmu kepariwisataannya.

"Selain penyelenggaraan pendidikan , Poltekpar Lombok juga menyelenggarakan penelitian – penelitian terkait kepariwisataan dan terakhir adalah pengabdian kepada masyarakat . Salah satunya adalah memberikan pendampingan kepada Desa Wisata dan pemberian Bimbingan Teknis kepada masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Forum Komunikasi Kehumasan Politeknik Pariwisata Lombok dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah H Lendak Jayadi, Direktur Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Desa Wisata Bilebante Fahrul Izam dan sejumlah wartawan baik media cetak, TV maupun online. (03)

Ket. Foto:
Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja saat memberikan pemaparan pada acara Forum Komunikasi Kehumasan Poltekpar Lombok, NTB di Desa wisata Bilebante Lombok Tengah. (HarianNusa)