Pelaksanaan LKS dan Olimpiade Sains Tingkat Provinsi NTB Digelar Bersamaan

0
316

HarianNusa, Mataram – Pelaksanaan Lomba Kompetisi Siswa (LKS) dan Olimpiade Sains Tingkat Provinsi NTB akan digelar secara bersamaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr.H.Aidy Furqan mengungkapkan, awalnya pihaknya menginginkan agar pelaksanaan LKS digelar sebagai rangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

"Setelah kami rapat persiapan ingin kami satukan LKS itu dengan Olimpiade sekaligus. Ternyata OSN pusat itu jadwalnya nggak bisa dirubah itu online. Untuk tingkat provinsi itu tanggal 5- 6 Juni," ungkapnya di Mataram, Selasa, (11/4/23).

Pelaksanaan LKS ini akan dilakukan bersamaan dengan Olimpiade Sains, mengingat waktu pelaksanaan jaraknya tidak terlalu jauh dan persiapannya juga belum matang sehingga pelaksanaan LKS dimundurkan.

"Setelah saya konfirmasi teman-teman kepala bidang dan baru saja jadwal minggu ini keluar pelaksanaan Olimpiade Sains tingkat pusat pelaksanaanya bulan Juni. Jadi kan bergesernya hanya 1 bulan dari Mei ke Juni," ujarnya.

Pelaksanaan LKS SMK/SLM dan Olimpiade Sains SMA akan dipusatkan di Lombok Timur.

"Kegiatan LKS dan Olimpiade Sains ini tumben kita gabung. Kegiatan ini kita agendakan dengan karnaval budaya diikuti oleh para pelajar kita termasuk para santri dari pondok pesantren," tuturnya.

Selain itu juga akan ada expo SMK yang akan digelar di cabang dinas. Ini untuk memudahkan pengamanan karena akan digelar juga berbagai macam hiburan.

Sedangkan venue yang disiapkan akan disesuaikan dengan jenis lomba. Misalkan kalau yang dilombakan tentang Tata Taman maka pelaksanaannya di sekolah pertanian.

"Begitu juga kalau nanti yang dilombakan otomotif ya tempatnya di SMK 1 atau SMK 3, kalau memang kompetensinya tentang tata boga, busana, pariwisata nanti di SMK 2, dan seterusnya. Sedangkan untuk olimpiade sains kita akan gabungkan SMA -SMA karena komputer yang dibutuhkan sekitar 300 unit, sedangkan pelaksanaannya dilakukan sekaligus nanti lokasinya di satu tempat," pungkasnya. (03)

Ket.foto:
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr.H.Aidy Furqan. (HarianNusa)