Kapolda NTB Resmikan SILACAK, Inovasi Pelayanan Publik Polresta Mataram

0
179

HarianNusa, Mataram – Polresta Mataram Polda NTB menggelar kegiatan Semarak Aksi Milenial. Inovasi Pelayanan Publik Polresta Mataram Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan Launching Gerai SIM, Kepingan CD Lagu Lantas Presisi karya Sat Lantas, Aplikasi SILACAK Mataram, Tutorial Teater SILACAK dan Edukasi Film Pendek dengan judul "Sebuah Pilihan " bertempat di Studio 1 Cinema XXI Epincentrum Mall Mataram. Rabu, (12/04/2023)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda NTB Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto, para PJU Polda NTB, Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa.,S.I.K.,MH, Dandim 1606 Mataram Kolonel Arm Arif Rahman, S.Sos.,MH, GM Lombok Epicentrum Salim, para PJU Polresta Mataram, para pejabat Forkopimda kota Mataram, Toga maupun Toma Kota Mataram, Unsur para pelajar se- kota Mataram dan tamu undangan sekitar 150 orang.

Diawali dengan sambutan dan laporan Ketua Panitia Kegiatan Kasat Lantas Polresta Mataram Kompol Bowo Tri Handoko, SE.,S.I.K. menyampaikan bahwa dalam rangka pembangunan zona integritas dan menindaklanjuti arahan Kapolresta Mataram untuk selalu berinovasi membuat terobosan-terobosan kreatif baik secara online maupun offline.

"Kemudian Sat Lantas Polresta Mataram membuat suatu bentuk pelayanan publik di pusat keramaian dan pusat perbelanjaan yaitu Gerai SIM Lombok Epicentrum Mall dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan khususnya perpanjangan SIM kepada masyarakat dengan cepat, tepat, transparan, efektif, efisien, akuntabel dan berkualitas," kata Kompol Bowo

Sehingga dapat dirasakan manfaatnya dan memudahkan pelayanan saat di pusat keramaian dan pusat perbelanjaan oleh masyarakat," tambahnya

Gerai SIM Lombok Epicentrum Mall ini merupakan inovasi offline yang berkelanjutan yang mana awal dibentuknya pada tahun 2016 bertempat di lantai dasar atau lower ground (LG) lombok Epicentrum Mall dengan nama sim corner.

"Dengan meningkatnya volume maupun minat masyarakat yang memperpanjang sim maka Polresta Mataram melakukan evaluasi dan berkoordinasi kembali dengan pihak epicentrum mall untuk memfasilitasi dan memberikan tempat yang lebih luas, mudah diakses dan terlihat oleh seluruh masyarakat pengunjung Lombok Epicentrum Mall," jelasnya

Selanjutnya, GM LEM Salim menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polresta Mataram atas kerjasama selama ini, salah satunya untuk pembuatan Gerai SIM Presisi, sehingga masyarakat dapat terbantu dalam pengurusan SIM.

Pihaknya juga akan mengundang pihak imigrasi maupun dukcapil untuk membuka program yang sama yaitu pembuatan Paspport dan KTP.

"Atas nama Direksi LEM mengucapkan apresiasi dan harapannya kedepan program-program Kepolisian lainnya masyarakat serta kerjasama yg telah berjalan dari 2016 terus berlanjut," ucap Salim

Kapolda NTB dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada mahasiswa maupun unsur masyarakat lainnya dapat menyumbangkan ide yang kemudian disampaikan kepada Kepolisian dengan tujuan memberikan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

"Masukan itu nantinya menjadi ide perbaikan pelayanan terhadap masyarakat, Apresiasi setinggi-tingginya terhadap kegiatan maupun program yang diinovasi oleh Polresta Mataram dan terus ditingkatkan," ucap Kapolda NTB

Selanjutnya kegiatan Penandatanganan Kepingan CD Lagu lantas Presisi karya Sat Lantas Polresta Mataram dan dilanjutkan dengan peresmian Gerai SIM presisi serta pengenalan Aplikasi Pelaporan Cepat Kecelakaan atau Si Lacak Polresta Mataram berserta Tutorial Pertunjukan Teater serta pemutaran Film Pendek dengan Judul "Sebuah Pilihan" yang diperankan oleh Personil Polresta Mataram. (03)

Ket. Foto:
Kapolda NTB Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto pada kegiatan peresmian aplikasi SILACAK Mataram. (Istimewa)