Kantor Bahasa NTB Tingkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pegawai, Tenaga Pendidik dan Wartawan

0
119

HarianNusa, Lombok Barat – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar kegiatan Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pegawai Pemerintah, Pegawai Swasta, Tenaga Pendidik, dan Wartawan Media Cetak maupun Online, bertempat di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis, (13/4/2023).

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Dr. Puji Retno Hardiningtyas mengungkapkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia secara tepat, benar dan proporsional dalam berbagai ranah merupakan amanat undang-undang. Sehingga bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan harus tetap terjaga.

"Ada tiga ranah bahasa Indonesia sebagai bahasa negara mutlak digunakan secara tepat, baik dan proposional. Yakni di media massa, ruang publik, dan dokumen resmi," ungkapnya di sela-sela kegiatan.

Menurutnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik terutama di ruang publik dan di dokumen resmi negara merupakan cerminan sikap bahasa penyelenggara negara dan masyarakat.

"Penggunaan bahasa Indonesia di atas bahasa daerah dan bahasa asing menggambarkan sikap positif terhadap negara dan bahasa negara," ungkapnya.

Kegiatan Peningkatan kemahiran berbahasa Indonesia ini diharapkan menambah pengetahuan dan kemahiran para peserta, menguatkan kesadaran dan semangat untuk menggunakan dan mengutamakan bahasa negara, baik di media massa, di ruang publik, maupun di naskah-naskah dinas.

"Selain itu, juga untuk menyosialisasikan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) edisi V agar seluruh masyarakat mengetahui bahwa EYD sudah diperbarui," jelasnya.

Kegiatan Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pegawai Pemerintah dan Pegawai Swasta, Tenaga Pendidik, dan Wartawan media cetak dan elektronik di Kabupaten Lombok Barat ini, dibuka oleh Sekda Lobar H.Ilham, dan menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB Dr. Puji Retno Hardiningtyas, Toni Samsul Hidayat M.Pd., Kasman, M.Hum, Zamzam Hariro, M.Pd., dan Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Dr. Muh.Abdul Khak, yang hadir secara virtual. (03)

Ket.foto:
Kegiatan Kegiatan Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pegawai Pemerintah dan Pegawai Swasta, Tenaga Pendidik, dan Wartawan media cetak dan elektronik di Kabupaten Lombok Barat, Kamis, (13/4/23). (HarianNusa)