Tahapan Jitu Talent Management Strategy untuk Perusahaan Anda!

0
171

Untuk terus dapat adaptif perusahaan perlu melakukan talent management strategy. Hal ini demi meningkatkan kinerja dan kemampuan karyawan yang dimiliki. Sehingga nantinya bisa bersaing.

Tidak hanya mendatangkan manfaat bagi perusahaan adanya hal ini juga dapat mendatangkan bagi karyawan itu sendiri. Mereka akan terbantu dalam mencapai visi dan tujuannya.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti dalam menjalankan talent management strategy ini. Ini dia penjelasannya.

Pengertian Talent Management Strategy

Talent management strategy adalah sistem yang digunakan perusahaan dalam rangka memaksimalkan kinerja karyawan. Ini adalah proses yang berkelanjutan sebagai proses mendapatkan talenta terbaik.

Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan baik itu dengan mengadakan pelatihan yang mengasah pengetahuan dan keterampilan atau dengan memberikan mereka motivasi untuk meningkatkan kinerja.

Di sini, perusahaan dapat merancang strategi talent management sehingga mampu mempertahankan karyawan terbaik atau juga merekrut karyawan terbaik. Dengan memiliki karyawan yang berkualitas baik, tentunya akan mendorong kesuksesan perusahaan itu sendiri.

Maka dari itu, talent management strategy menjadi salah satu hal yang penting dalam keberlangsungan perusahaan.

Tahapan dalam Talent Management Strategy

Untuk menjalankan talent management strategy yang efektif, ada beberapa tahapan yang perlu Anda jalani, yaitu sebagai berikut:

1. Memanfaatkan Penggunaan Software Pelatihan Karyawan

Untuk mengelola talent di perusahaan tentu sangat penting apa yang disebut dengan pelatihan dan pengembangan.

Daripada hanya sekadar mengadakan semniar atau aktivitas monoton, akan lebih efektif bila perusahaan memanfaatkan talent management system yaitu software pelatihan karyawan.

Dengan menggunakan software ini, nantinya proses pelatihan bisa dilakukan lebih interaktif dan lebih efisien.

2. Bangun Keselarasan Strategi Bisnis

Berikutnya, Anda harus bisa membangun keselarasan dalam strategi bisnis. Hal ini penting untuk mengurangi skill gap atau kesenjangan bakat serta memperkokoh kemampuan organisasi dalam mendukung arah strategi.

3. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Agar dapat memaksimalkan kinerja karyawan, Anda perlu meningkatkan motivasi mereka. Caranya adalah dengan memberikan apresiasi dari apa yang telah mereka capai. Tidak lupa beri juga mereka kesempatan untuk beristirahat demi menjaga kesehatan mental.

4. Buat Standarisasi Strategi untuk Meninjau Bakat

Sangat penting bagi perusahaan untuk membuat standarisasi dalam proses rekrutmen dan onboarding karyawan baru. Hal ini dilakukan mengingat karyawan adalah tulang punggung perusahaan.

5. Lacak dan Ukur Performa Karyawan

Berikutnya, bila Anda adalah seorang pemimpin, sangat penting bagi Anda untuk menetapkan suatu sasaran dan indikator kinerja utama yang tertuang dalam KPI atau key performance indicator untuk semua anggota tim yang Anda miliki.

Ini adalah sebuah langkah yang memungkinkan Anda melacak kinerja karyawan baik itu di masa lalu, saat ini, dan di kemudian hari.

Dengan seperti ini, Anda bisa mendapatkan wawasan mengenai kemungkinan adanya kesenjangan pengetahuan, kelemahan karyawan, dan mencari cara mengatasinya.

6. Memberikan Contoh Feedback dan Review

Bagi sebagian besar perusahaan, tinjauan kinerja digunakan untuk melakukan promosi karyawan, memberikan kompensasi gaji, sampai pemutusan hubungan kerja (PHK).

Nah, di dalam melakukannya, perusahaan dapat memberikan umpan balik atau feedback mapun review yang konstruktif sesuai dengan kinerja mereka. Selain itu, buka lah ruang untuk diskusi dengan karyawan.

Melakukan hal ini dapat membuat perusahaan sadar apa yang menjadi kebutuhan karyawan dalam rangka meningkatkan performa mereka.

7. Berikan Penghargaan pada Karyawan Terbaik

Apresiasi perusahaan kepada karyawan dapat memberikan dampak yang baik bagi perusahaan maupun karyawan. Cara ini bisa dilakukan dengan mengakui pencapaian, memberikan feedback secara rutin, sampai memberikan penghargaan yang layak mereka dapatkan.

Nah, itulah dia teknik talent management strategy yang bisa Anda terapkan di perusahaan Anda. Dengan begini, karyawan akan semakin loyal kepada perusahaan.

Source: https://www.linovhr.com/talent-management-strategy/