Mengenal Blockchain Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

0
189

Berbicara tentang cryptocurrency tentu tak bisa lepas dengan istilah Blockchain. Tetapi bagi investor pemula yang ingin mendalami tentang dunia crypto tentu asing dengan istilah tersebut, meski istilah tersebut sering terdengar.

Blockchain adalah cara digital untuk menyimpan data yang terhubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Perkembangan teknologi ini sekarang populer karena banyak digunakan dalam aset digital.

Penggunaan blockchain sendiri tidak terlepas dari cryptocurrency, meskipun masih banyak bidang lain yang menggunakan teknologi ini. Salah satu alasan mengapa teknologi ini memiliki begitu banyak pengguna adalah karena banyak orang percaya bahwa proses membuatnya lebih transparan, selain dapat menghasilkan keuntungan.

Apa itu Blockchain?

Dilihat dari namanya sendiri, blockchain ini memiliki dua kata yaitu block yang artinya satuan dan chain yang artinya rantai. Jika kamu melihat kedua kata ini, yang dimaksud dengan blockchain adalah sebuah kelompok yang dihubungkan bersama seperti rantai.

Blockchain sendiri merupakan teknologi penyimpanan data digital dimana media yang aman akan dihubungkan satu sama lain. Data yang disimpan juga bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan.

Cara Kerja Blockchain

Deskripsi singkat tentang cara kerja blockchain adalah di mana satu perangkat terhubung ke perangkat lain untuk menyimpan dan memverifikasi data perangkat lain. Yang paling populer dari teknologi ini adalah cryptocurrency.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah dan cara kerja dari teknologi blockchain ini:

  • Pertama, toko menerima pembayaran melalui Bitcoin.
  • Kemudian datanglah pelanggan selanjutnya ingin membeli dan membayar dalam Bitcoin.
  • Pemilik toko memberikan alamat dompetnya.
  • Kemudian pembeli membayar ke alamat ini, maka transaksi dapat kamu lakukan
  • Transaksi ini akan dikirimkan dalam bentuk permintaan atau request yang akan dikirimkan ke akun Bitcoin Miner.
  • Penambang Bitcoin sendiri adalah individu atau kelompok yang memiliki alat khusus untuk melakukan perhitungan matematis dari setiap transaksi Bitcoin. Mereka adalah bagian dari blok dan akan membuat rantai.
  • Penambang akan menghitung nilai Bitcoin yang baru dikirim berdasarkan jumlah dan penukaran yang ada.
  • Setelah mendapat untung, blok baru akan dibuat. Blok ini akan digunakan sebagai database transaksi antara pembeli dan pemilik toko.
  • Setelah itu, transaksi akan ditinjau.
  • Dan jumlah Bitcoin di dompet pemilik bisnis akan bertambah.

Keuntungan Blockchain

Sebagai sesuatu inovasi yang baru, maka blockchain merupakan teknologi ini memiliki banyak keunggulan. Dalam sistem di mana setiap blok dapat memverifikasi dirinya sendiri, kemungkinan terjadinya kesalahan sangat kecil.

Selain itu, banyak manfaat lain yang dapat kamu terima dari teknologi blockchain ini antara lain:

1. Sistem lebih transparan

Keistimewaan dari teknologi blockchain adalah Salah satu yang paling banyak menjadi alasan kenapa banyak orang memilih blockchain, hal ini tidak lain karena prosesnya yang transparan. Apalagi jika terkait dengan kriptografi.

Setiap transaksi bisnis yang menggunakan teknologi blockchain dapat dilihat oleh umum. Bahkan public umum pun bisa memeriksa setiap transaksi yang dilakukan pada sistem blockchain. Bahkan publik bisa memeriksa secara independen karena tidak butuh login.

Sistem seperti itu juga memastikan tidak ada orang yang bisa menggunakan aset crypto tanpa sepengetahuan pemiliknya.

2. Sistem keamanan yang lebih baik

Di sebagian besar sistem yang ada, blockchain dianggap memiliki sistem yang lebih aman. Itu juga membuat data yang disimpan menggunakan blockchain lebih aman. Dalam penerapannya, teknologi blockchain ini menggunakan proses verifikasi oleh penambang sebelum data atau transaksi masuk ke sistem lain.

Bahkan jika dilihat lebih dalam, bagian dari sistem database blockchain ini hanya memiliki fungsi penambahan data dan tidak ada fungsi pengeditan. Tanpa fungsi edit, ini berarti tidak ada yang bisa mengubah data. Oleh karena itu, kemampuan hacker untuk masuk menjadi lebih sedikit.

3. Sistem Audit yang Lebih Baik

Jika kamu melihat dua nilai sebelumnya, ini juga akan membuat proses analisis yang baik. Ini juga salah satu manfaat dari teknologi blockchain. Ketika semua orang dapat melacak dan melihat semua data bisnis, analisis dapat dilakukan dengan lebih mudah. Juga, kekuatan data kematian juga rendah.

Faktanya, database hanya dapat menyimpan data. Basis data tidak dapat dihapus dan tidak ada tanggung jawab untuk mengedit atau mengubah data.

Karakteristik Blockchain

Selain memiliki banyak keunggulan, blockchain ini juga memiliki banyak karakteristik, berikut beberapa karakteristik yang dimiliki blockchain, diantaranya:

1. Open source

Blockchain bersifat open source artinya siapa saja boleh ikut serta. Selama dia memahami proses dan pembuatnya, dia dapat berpartisipasi dalam penggunaan teknologi ini. Nantinya, orang ini juga bisa ikut verifikasi, melihat angka, melihat nilai potensial, dll.

2. Tidak terpusat

Blockchain adalah sistem terdistribusi atau terdesentralisasi. Oleh karena itu, tidak ada orang atau perusahaan yang dapat mengendalikannya. Tentu saja kode-kode yang digunakan dalam teknologi ini tidak disimpan di server yang sama.

Kode tersebar di ribuan perangkat yang terhubung ke jaringan blockchain. Tentunya jika mau, kamu juga bisa menjadi bagian dari aplikasi tersebut.

3. Tingkat inflasi yang jelas

Ketika menggunakan teknologi ini untuk cryptocurrency, satu hal yang tidak dapat dihindari adalah inflasi. Namun dengan penggunaan teknologi ini, data tingkat inflasi menjadi lebih akurat. Bahkan, kamu pasti bisa mengetahui penawaran dan permintaan. Dengan data yang jelas dalam hal ini, maka data dan kejadian inflasi menjadi lebih akurat.

4. Tidak dapat dihapus

Setiap transaksi yang dilakukan di blockchain tidak dapat dibatalkan atau dihapus. Padahal dalam prakteknya, teknologi ini hanya bisa menambah data dan tidak bisa menghapus atau mengubah data.

Itu juga dapat mengurangi kemungkinan peretas masuk karena tidak ada data untuk diambil atau diubah.

Penggunaan blockchain

Dari semua kelebihan dan keuntungan yang diberikan teknologi ini, sebagian besar untuk kepentingan finansial, khususnya cryptocurrency. Penggunaan teknologi ini dinilai lebih aman dan efektif. Selain itu, beberapa kegunaan dan kegunaan teknologi ini antara lain:

  • Cepat dan lakukan pembayaran dengan mudah.
  • Mengurangi biaya yang diperlukan untuk administrasi.
  • Meningkatkan keamanan pengelolaan data dana.
  • Adanya data yang transparan dari setiap transaksi.
  • Data yang lebih lama

Ini adalah beberapa keuntungan menggunakan teknologi blockchain ini. Kini, semakin banyak orang yang terlibat dalam penggunaan teknologi ini. Kebanyakan dari mereka menggunakan teknologi ini untuk menjadi penambang atau penambang crypto.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja, dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor baru dan kasual.

Saat ini PINTU telah memiliki 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif, dan edukatif, seperti Pintu Earn, Referral System, PTU Stalking dan Pintu Kelas Academy.