Puncak Peringati Hardiknas, Dinas Dikbud NTB Gelar Anugerah Istimewa Sekolah 2023

0
233

HarianNusa, Mataram – Pada puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB menggelar Anugerah Istimewa Sekolah (AISO) 2023. Dalam AISO 2023, sekolah-sekolah dan guru berprestasi diberikan penghargaaan, bertempat di Gelanggang Pemuda Olahraga, Selasa, 2/5/2023.

Puncak peringatan Hardikas bertemakan Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar. Kegiatan itu dihadiri Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, Asisten II Setda NTB, Dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp. A,.M.Ph, Kadis Dikbud NTB H. Aidy Furqan, S.Pd,.M.Pd, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., dalam laporannya menyampaikan, 2 Mei 2023 ini merupakan Hari Pendidikan Nasional, tema yang disampaikan oleh Kementerian cukup semarak yaitu bergerak bersama menyemarakkan merdeka belajar.

"Sinyal yang diberikan oleh Kementerian adalah untuk kita menciptakan iklim pembelajaran enjoy folling terutama pada periode tahun 2023/2024 mengawal kurikulum merdeka belajar," ujarnya.

"Saya bangun pula perwakilan dari Kementerian Dikbud Ristek yang dihadiri oleh Dr. Irfan sahabat saya di Direktorat SMA beliau ini yang mengawal kita mulai sarpras ini jadi kerap kali kita koordinasi dan kami kenal sejak 2006 yang lalu menjadi tim Kementerian bersama di Jakarta," imbuh Aidy.

Malam Anugerah Istimewa Sekolah merupakan malam anugerah tahunan setiap bulan mei diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada SMA, SMK, SLB Negeri dan Swasta juga yang ikut mengambil peran dalam mendukung program program NTB gemilang.

Ia juga melaporkan ada sejumlah kategori yang dilaksanakan. Proses penilaian tahunan mulai dari evaluasi kinerja kepala sekolah, integrasi program sekolah dengan program unggulan pemerintah Nusa Tenggara Barat, serta inovasi-inovasi dalam mewujudkan kurikulum merdeka.

"Belajar salah satu yang kita lihat tadi adalah tayangan pada sejumlah penggalan-penggalan video yang sudah kita laksanakan dan proses penilaiannya melalui observasi pengisian instrumen dan interview serta kunjungan langsung," ungkapnya.

"Dari berbagai pihak termasuk kita juga mendapat rekomendasi atas temuan-temuan pemeriksa keuangan dari Inspektorat maupun BPK dan itu menjadi bagian dari penilaian kami juga," tambah Aidy

Dihadapan Wagub NTB, Aidy mengungkapkan ada tambahan inovasi pada anugerah istimewa kali ini, yaitu status SMA berkualitas, SMK berkualitas, kemudian SLB yang inovatif dan kreatif.

Dalam AISO ini ada beberapa penghargaan terhadap dukungan langsung sekolah, diantaranya adalah sekolah bersih dan sehat pelayanan bagi stanting, kemudian pemanfaatan teknologi informasi di kalangan sekolah.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada sekolah yang menguatkan program unggulan Nusa Tenggara Barat, yakni ada sekolah kita, yang sampai saat ini program kemitraannya dengan pihak ketiga itu sangat kuat," paparnya.

"Ada juga SMA terbuka sebagai bentuk pelayanan kita untuk perluasan akses, satu lagi inovasi tambahan kita di AISO 2023 ini yakni video profile sekolah di mana video profil sekolah ini kita integrasikan dengan aplikasi penerimaan peserta didik baru, tutup Aidy. (03)

Ket. Foto:
Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd. (Istimewa)

.