Pengumuman Kelulusan 5 Mei 2023, Siswa yang lulus langsung dapat Ijazah

0
461

HarianNusa, Mataram – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menerima blangko ijazah dari pusat, namun jumlahnya menurun 5 persen dari jumlah yang diterima tahun lalu. Blangko ijazah cadangan proporsinya juga turun 1, 5 persen dari tahun sebelumnya.

“Kita hanya menerima blangko cadangan 1,5 persen dari total blangko yang diterima. Karena itu sekolah harus benar-benar jeli dalam penulisan ijazah sehingga tidak banyak kerusakan," terang Sub Koordinator Kurikulum Bidang SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Purni Susanto, Jumat, (28/4) lalu.

Dikbud NTB langsung melakukan pemilahan atau pengecekan blangko yang rusak, sobek, atau nomor seri ganda. Bila jumlah cadangan sebesar 1,5 persen nantinya tidak mencukupi, maka Kemendikbudristek akan memberikan kesempatan kepada Dinas Dikbud NTB mengajukan permohonan susulan tambahan, hingga bulan Juli dan Agustus 2023.

Melihat rentang waktu penambahan setelah pengajuan tambahan di atas, maka blangko susulan tiba di Dinas Dikbud NTB tiga bulan setelah pengajuan.

Sementara pada 5 Mei 2023 nanti pengumuman kelulusan untuk siswa SMK/SMA/SLB digelar. Kabar baiknya, untuk siswa di NTB juga bisa langsung mendapatkan ijazah saat pengumuman kelulusan tersebut.

Dikbud NTB telah mendapatkan blangko ijazah dan rencananya akan dibagikan ke masing-masing sekolah pada 2 Mei atau tiga hari sebelum pengumuman kelulusan.

Pembagian ijazah sengaja dipercepat untuk mempermudah siswa yang membutuhkan ijazah secepatnya, misalnya untuk melamar pekerjaan.

Sementara Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqon mengungkapkan bahwa Ikhtiar Dikbud NTB untuk segera menghadirkan ijazah terkabulkan.

"Kami sudah menerima blangko ijazah SMA/SMK/SLB. Rencana akan membagikannya ke sekolah tanggal 2 Mei ini, setelah rapat kerja," ungkapnya.

Bagi siswa yang akan melamar kerja atau mendaftar kuliah ke luar daerah tentu akan terbantu dengan kehadiran ijazah yang cepat.

“Harapannya bisa membagikan ijazah saat kelulusan 5 Mei, jadi anak-anak bisa langsung cap tiga jari juga," terangnya. (03)

Ket.foto:
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqon. (Istimewa)