Sejak Diluncurkan Februari 2023, Transaksi E-Samsat Delivery Capai 2 M

0
187

Mataram – Realisasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dengan aplikasi e-Samsat Delivery semakin meningkat sejak diluncurkan pada 11 Februari 2023 lalu. Hal ini terlihat dari jumlah total transaksi pembayaran yang hampir mencapai Rp. 2 Milyar per tanggal 19 Mei 2023.

“Kami sangat bergembira dengan progres e-Samsat Delivery. Ini membuktikan bahwa inovasi dan layanan yang Bappenda NTB hadirkan dapat memudahkan masyarakat dan memang menjadi kebutuhan di zaman sekarang,” ungkap Kepala Bappenda Provinsi NTB, Hj. Eva Dewiyani, S.P., Minggu, (21/5/2023), disela kegiatannya di Mataram.

Kedepan Hj. Eva berharap progres realisasi e-Samsat Delivery semakin meningkat seiring dengan program perluasan digitalisasi transaksi keuangan daerah. Menurutnya hal ini sangat penting, karena selain memudahkan para wajib pajak, dengan transaksi non tunai akan menjamin ketepatan pembayaran serta menjamin akuntabilitas pengelolaan pendapatan daerah.

“Dengan berbagai kemudahan yang disediakan, kami berharap semoga masyarakat semakin banyak yang menggunakan e-Samsat Delivery,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hingga 19 Mei 2023, jumlah total transaksi pembayaran PKB dengan menggunakan e-Samsat Delivery sebesar Rp. 1.944.775.576 dengan objek kendaraan sejumlah 2260 unit.

E-Samsat Delivery merupakan inovasi Bappenda Provinsi NTB bekerjasama dengan Tim Pembina Samsat untuk memberikan kemudahan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan sistem pembayaran non tunai. Inovasi ini sendiri sedang masuk dalam penilaian kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP) Sinovik tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB, dimana e-Samsat Delivery merupakan 1 dari 6 inovasi yang mewakili Provinsi NTB dalam ajang kompetisi tersebut.

Ket. Foto:
Kepala Bappenda Provinsi NTB, Hj. Eva Dewiyani, S.P. (istimewa)