UKM Kebun Ayu Penen Berkah saat Launching Jumat salam

0
526

Lombok Barat – Jumat Salam (Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat), yang dilaunching oleh Penjabat (PJ) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si.,pada 27 Oktober 2023, bertempat di Wisata Melon Desa, Kebun Ayu, Kabupaten Lombok Barat, menjadi berkah tersendiri bagi para UKM (Usaha Kecil dan Menengah) setempat.

Program yang memang dihajatkan untuk menggerakkan perekonomian desa ini sentuhannya secara langsung dirasakan oleh masyarakat.

Salah seorang pelaku usaha kecil dan menengah di Desa Kebun Ayu, Sriati mengaku ketiban berkah dengan adanya kegiatan launching Jumat Salam ini. Dimana omsetnya naik berlipat ganda dari biasanya.

“Alhamdulillah saya sangat senang sekali. Biasanya saya dapat jualan paling banyak Rp 200 ribu, kalau Sabtu- Minggu bisa dapat Rp 500 ribu, tetapi dengan adanya kegiatan ini penjualan saya lebih dari satu juta,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kebun Ayu, Rasimin. Ia mengaku kegiatan Jumat Salam dan Jumat Belondong ini tentunya akan menjadi berkah bagi para penenun, khusunya di Desa Taman Ayu.

“Tadi juga kain-kain tenun yang disediakan lumayan laku. Paling tidak OPD-OPD bisa memperkenalkan kain tenun Kebun Ayu ke luar desa Kebun Ayu,” ungkapnya.

Desa Kebun Ayu sendiri memiliki sekitar 200 orang penenun. Selama ini hasil tenun Kebun Ayu belum dikemas secara industri artinya masih jalan sendiri-sendiri dan memproduksi jika ada pesanan saja.

“Jadi baru sekarang kita kemas dan mengarah kita buatkan showroom. Dan memaksimalkan produksi,” pungkasnya.

Launching Jumat Salam yang dihadiri oleh seluruh OPD Lingkup Pemprov NTB dan sejumlah OPD pemkab Lobar diawali dengan senam bersama.

Pada kesempatan tersebut para pengunjung juga tidak lupa membeli buah melon yang menjadi ikon desa Wisata Kebun Ayu. Dimana pembeli memetik langsung buah melon dari pohonnya. (HN3)

Tinggalkan Balasan