Jelang HUT ke 65, NTB Boyong Enam Penghargaan Innovative Government Award 2023

0
406

Mataram – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat berhasil memboyong 6 (enam) penghargaan pada ajang Innovatif Government Award (IGA) tahun 2023 yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima Pemprov NTB yang diserahkan langsung oleh Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian, Jum’at (12/12/2023). Tentunya ini menjadi hadiah HUT NTB yang akan berusia 65 tahun pada 17 Desember 2023 ini.

Adapun keenam penghargaan tersebut diantaranya Provinsi NTB sebagai Provinsi terinovatif, Provinsi dengan indeks skor tertinggi untuk regional IV, Kota Mataram sebagai Kota terinovatif, Kota Mataram tertinggi untuk indeks skor kab/kota regional IV, Kabupaten Lombok Utara terinovatif untuk daerah tertinggal, dan Kota Bima meraih predikat sangat inovatif.

Penghargaan diberikan langsung oleh Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian, Jum’at (12/12/2022) di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat.

Penjabat Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mewujudkan berbagai inovasi di NTB. Terutama kepada masyarakat Provinsi NTB atas do’a serta dukungan yang telah diberikan.

"Terima kasih teman-teman Brida, Biro Organisasi yang mengawal dan semua Kepala OPD yang berkontribusi. Tetap semangat dan pertahankan prestasi yang sangat baik ini," tutur Miq Gite.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos, MM, menjelaskan bahwa tahun 2023 Pemprov NTB menyertakan unggulan Inovasi NTB Mall dan Desa Wisata sehingga ada total 134 inovasi dan 62 diantaranya berbasis aplikasi.

"NTB Mall dan Desa Wisata sudah berbasis aplikasi dan di Command Center Kominfotik Pemprov NTB dikawal updating dan data-data secara realtime," jelasnya.

Penganugerahan Innovatif Government Award kepada Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota merupakan penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

Penghargaan IGA 2023 diserahkan pada 95 Pemerintah Daerah yang terbagi dalam 11 kategori. Penghargaan yang dilaksanakan sejak 2007 tersebut merupakan apresiasi pada pemerintah daerah yang telah menerapkan inovasi perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah. Hadir secara hibrida pada kegiatan ini seluruh kepala daerah serta JPT Madya dan Pratama di lingkup Kemendagri.

Tinggalkan Balasan