Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Johan Rosihan Upayakan Masyarakat Memahami Nilai Bangsa

0
183

HarianNusa, Sumbawa – Anggota DPR RI Pulau Sumbawa, Johan Rosihan menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Sumbawa pada Senin (19/04/2023).

Kegiatan sosialisasi tersebut menggandeng tokoh masyarakat di sejumlah desa wilayah Kabupaten Sumbawa dan juga bakal calon anggota legislatif asal partai PKS.

Johan Rosihan yang mewakili Dapil NTB I Pulau Sumbawa menjelaskan hal-hal terkait Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Program Sosialisasi Empat Pilar tersebut merupakan program wajib yang dijalankan oleh setiap anggota legislatif di masing-masing daerah pemilihannya.

Dalam sambutannya, Johan menyampaikan, bahwa kegiatan ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat guna meningkatkan kesadaran bersama tentang nilai-nilai berkehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya di Kabupaten Sumbawa.

“Isi dari Empat Pilar Kebangsaan adalah Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang–undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita pahami bersama bahwa ada nilai yang harus kita pegang, seperti nilai gotong-royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan," jelasnya.

Johan menambahkan, bahwa perkembangan zaman dan teknologi mengakibatkan tergerusnya pengetahuan masyarakat mengenai 4 pilar kebangsaan tersebut.

“Saya paham jika mungkin para hadirin merasa asing dengan hal-hal yang akan disosialisasikan nanti. Namun ini adalah sesuatu yang harus kita ketahui dan fahami sebagai warga negara. Harapan saya ini bisa menjadi bekal kita untuk bersikap dan menyikapi sesuatu yang terjadi di kehidupan bermasyarakat. Ada Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan motto atau semboyan bangsa kita, maknanya kita ketahui bersama adalah berbeda-beda tapi tetap satu jua, ini akan sangat berguna dalam kehidupan kita jika kita maknai dan amalkan," tegasnya.

Hal tersebut juga Johan tekankan menjadi nilai-nilai yang dipegang oleh bacaleg yang akan maju di pemilu 2024 nanti. “Sebagai penyambung suara masyarakat, nilai-nilai ini yang harusnya selalu kita pegang. Punya pegangan saja masih ada peluang tergelincir, apalagi jika tidak punya pegangan," pungkas Johan.

Kegiatan sosialisasi berjalan khidmat. Johan mengucapkan terimakasih atas apresiasi positif yang diberikan oleh masyarakat dalam kegiatan tersebut. (03)